5 Tips Cara Belajar Efektif Yang Rilex dan Menyenangkan di rumah (matematika, sbmptn, cpns, utbk, twk, manfaat biologi, un, ujian)

Tips Terbaik Cara Belajar Efektif Yang Rilex dan Menyenangkan di rumah tentang : matematika, sbmptn, cpns, utbk, twk, manfaat biologi, un, ujian.
Bagaimana sih cara belajar efektif dan efisien yang menyenangkan? Mendekati ujian kan biasanya kamu jadi lebih rajin belajar. Bahkan ada yang pakai jurus SKS alias Sistem Kebut Semalam.
Tahu sendiri kan, rasanya malah jadi suntuk, capek dan badan jadi terasa nggak sehat?

Padahal apapun pekerjaannya kalau tidak dilakukan dengan menjaga prinsip efektivitas dan efisiensi justru akan sulit mendapat hasil yang maksimal.

tips cara belajar efektif

Karena itulah, biar belajarmu efektif dan efisien, namun terasa menyenangkan, perlu adanya tips dan trik jitu. Nah, ikuti tips kami berikut ini.

5 Tips Belajar Efektif Yang Menyenangkan


1. Cara Belajar Efektif Di Waktu Yang Tepat di rumah


Belajar itu butuh konsentrasi agar materi yang kamu pelajari bisa masuk ke otak. Karena itu belajar nggak bisa sambil melakukan kegiatan lain.

Kalau mau efektif dan efisien, maka pilihlah waktu yang khusus, atau tentukan waktu khusus untuk belajarmu.

Tinggalkan semua kegiatan lainnya untuk belajar. Lebih baik belajar dengan konsentrasi dalam 30 menit ketimbang belajar sambil melakukan kegiatan lain selama 1 jam.


2. Buatlah Suasana Belajarmu Nyaman agar efektif dan menyenangkan

Nyaman itu macam-macam bentuknya. Tergantung dengan karaktermu masing-masing. Mungkin ada yang suka suasana tenang, hening, maka belajarlah di tempat yang jauh dari keramaian.

Atau sebaliknya ada yang bisa konsentrasi dengan tambahan musik, kamu bisa belajar dengan menyetel iringan musik kesukaanmu.

Ruangan tempatmu belajar juga sebaiknya bersih dan nyaman. Kalau banyak debu dan berantakan tentunya konsentrasimu jadi terganggu. Bila perlu kamu bisa memasang penyegar udara di ruangan belajarmu.

Di sinilah kamu memasukkan unsur “menyenangkan” dalam belajarmu. Baik dengan menata ruangan belajar, memakai musik kesukaan, maupun mencari tempat sejuk di luar rumah.

3. Lengkapi Bahan dan Sumber Belajarmu apalagi kalau mau ujian / un /sbmptn

Zaman sekarang untuk mendapatkan bahan belajar sebenarnya sangat mudah. Kalaupun kamu tidak punya buku materi belajar dari sekolah, tidak punya catatan hasil merangkum keterangan guru, ada internet yang bisa kamu akses melalu gadget milikmu.

Hanya saja kamu tentunya perlu konsisten hanya akses internet untuk cari bahan belajar, jangan sampai mampir ke Facebook atau medos lainnya ya...



4. manfaat belajar efektif Dengan Rutin dan Berkelanjutan

Seperti disinggung di awal, ada siswa yang memakai Sistem Kebut Semalam ketika menghadapi ujian.
Itu adalah cara belajar yang tidak efektiv apalagi efisien, dan tentu tidak menyenangkan. Untuk menghindari hal itu, belajar saja secara rutin setiap harinya.

Dengan menerapkan cara belajar efektif dan efisien, menjaga kondisi dan suasana belajar yang menyenangkan, pastinya kamu akan lebih santai ketika menghadapai ujian.


5. Membentuk Kelompok Belajar sebelum ujian / un

Agar hasil lebih maksimal, bisa berdiskusi dan saling membantu memahami pelajaran, kamu sebaiknya punya kelompok belajar.

Entah itu waktu kumpulnya di rumah ataupun di perpustakaan sekolah, kalian bisa tentukan sesuai kondisi. Tentunya kalian harus sama-sama punya tekad belajar dong. Jangan sampai katanya belajar kelompok malah jadi ngrumpi kelompok.

Bagaimana...........????

Nampaknya cara belajar efektif dan efisien yang menyenangkan ini mudah untuk diterapkan bukan? Tapi perlu usaha keras lo untuk mewujudkannya. Untuk prestasi yang cemerlang, kenapa tidak?