Saat Si Kecil BATUK? Perhatikan Beberapa Hal ini!!

Setelah  Lebaran, sudah merupakan hal yang tidak aneh lagi bila si kecil tiba-tiba menjadi batuk.
Banyaknya konsumsi makanan yang manis-manis ataupun itu di sebabkan oleh kurangnya istirahat karena lelah di perjalanan mudik, memang bisa membuat pertahanan tubuh buah hati Anda melemah dan terserang penyakit. Salah satunya yang lazim adalah batuk.

sumber ; pixabay



Walaupun tampak sepele dan seperti penyakit ringan yang biasa diderita pada iklim seperti sekarang ini, gejala batuk juga bisa bercampur dengan gejala lain, misalnya pada penyakit bronchitis yang disertai panas, demikian juga penyakit lain seperti flu dan sebagainya.

Kadang saat menderita batuk, si kecil juga kehilangan nafsu makan atau malahan sama sekali tidak doyan makan.

Tentunya ini membuat Anda sebagai orang tua semakin kuatir akan  kesehatannya.  Pikiran  Anda  akan  cemas,  bagaimana  bisa  cepat  sembuh  dari batuknya  bila  makan  saja  tidak  doyan?  Untuk  itu  sebaiknya  Anda  pintar-pintar menyiasati pengaturan makan si kecil.

sumber : pixabay

Perhatikan beberapa kunci sederhana pengaturan makanan di bawah ini agar kondisi tubuhnya bisa cepat membaik..

1. Kalau ada gejala panas, berikan makanan yang lunak. Dan berikan cairan untuk memberi banyak cairan atau minum air putih.

2. Saat Nafsu makannya terus menurun akibat batuk yang tak berhenti dan terus menerus harus diimbangi juga dengan makan yang cukup supaya kondisi tubuh tetap membaik.

3. Kemudian Untuk memudahkan dalam pengaturan pola makannya, berikan saja makanan yang dalam porsi kecil tetapi dengan cara yang bertahap supaya kebutuhan gizinya tetap terpenuhi.

4. Usahakan suplai  protein terpenuhi dan cukup karena penyakit dengan gejala batuk membutuhkan protein yang lebih tinggi dari pada biasanya.

5. Jangan berikan ia makanan gorengan atau bumbu yang merangsang agar tidak menimbulkan batuk. Kurangi juga konsumsi makanan yang terlalu manis dan bisa menimbulkan batuk seperti coklat, permen, manisan dan minuman manis.

6. Setelah anak anda  sembuh, anda perlu perhatikan juga jika berat badannya turun perlu kamu tingkatkan konsumsi makanannya agar berat badannya cepat kembali

Mulailah dengan makanan yang menjadi  favoritnya.
Untuk mendukung pengaturan makanan tersebut, jangan lupa tentunya konsumsi obat batuk anak-anak yang cocok untuk si kecil..