Mengenal Miyeok-guk Tradisi Unik Di Korea Selatan

Di Korea selatan ada tradisi yang cukup unik, tradisi ini diberi nama Miyeok-guk. Apa sih, miyeok-guk? Makanya yuk, kita mengenal Miyeok-guk tradisi unik di Korea Selatan.

Miyeok-guk merupakan tradisi yang sangat penting di Korea Selatan. Tradisi ini biasa dilakukan pada saat ada yang ulang tahun.

Di Indonesia apabila ada yang ulang tahun, biasanya disiapkan kue besar dengan lilin yang menandakan umur orang yang berulang tahun.



Sementara di Jawa sendiri ada tradisi tumpengan yang biasa dilakukan untuk merayakan ulang tahun seseorang. Tapi di Korea Selatan terdapat tradisi unik yang biasa dilakukan untuk merayakan ulang tahun seseorang.

Yaitu makan sup rumput laut. Tradisi ini lah yang biasa disebut Miyeok-guk. Tradisi ini mewajibkan seseorang yang merayakan ulang tahun untuk memakan sup rumput laut.

Tujuannya adalah untuk menghormati peran ibu yang telah mengandung selama 9 bulan, selama mengandung 9 bulan ini ibu akan makan sup rumput laut.

Karena sup rumput laut dipercaya memiliki kandungan gizi yang baik bagi calon bayi yang dikandung. Sup rumput laut sendiri sebenarnya memiliki rasa yang tidak enak untuk disantap.

Yakni hambar dan tidak memiliki rasa sama sekali. Jadi kebayang kan, susahnya jadi ibu hamil di Korea Selatan harus makan sup rumput laut selama masa mengandung.
Untuk menambah rasa biasanya sup rumput laut dimasak bersama kerang.

Itu sebabnya setiap ulang tahun orang Korea Selatan wajib memakan sup rumput laut untuk menghargai ibu mereka saat mengandung mereka dahulu.

Tradisi Miyeok-guk ini mungkin sering kita lihat dalam adegan drama Korea, di mana orang yang berulang tahun pasti akan sarapan dengan sup rumput laut yang dibuat oleh ibu mereka, kerabat, teman atau pacar.

Karena makan sup rumput laut wajib dilakukan saat berulang tahun, hingga orang yang berulang tahun pun tidak jarang meminta untuk dibuatkan sup rumput laut ketika di hari ulang tahun mereka.
Sudah tahu kan, apa itu tradisi Miyeok-guk, tradisi unik di Korea Selatan saat merayakan ulang tahun seseorang.