3 Tips Makan Gorengan Yang Sehat Untuk Jantung

Artikel kali ini saya akan memberikan kepada kalian semua tentang 3 tips makan gorengan yang sehat untuk jantung, karena sudah banyak sekali orang yang tahu bahwa halnya gorengan itu tidak baik dikonsumsi jika dalam jumlah yang berlebihan.

Batas makan gorengan
Gorengan sehat untuk diet
Apakah gorengan mengandung kolesterol
Bahaya makan gorengan pagi hari
Cara menetralisir lemak setelah makan gorengan
Manfaat minum air hangat setelah makan gorengan
akanan penetral minyak
Penetral lemak dan kolesterol setelah makan yang berminyak

Gorengan merupakan salah satu makanan yang sering disinyalir sebagai penyebab meningkatnya kadar kolesterol. Sehingga banyak orang yang menghindari makan gorengan dengan alasan menjaga kesehatan.

Di sisi lain makanan yang merakyat ini sangat digemari kebanyakan orang. Nah, salah satu Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah yang juga aktif di situs kesehatan Klik Dokter, dr. Vito A Damay memberikan tips makan gorengan yang sehat untuk jantung.


Seperti dikutip dari Klik Dokter, 25 Desember 2017, menurut dr Vito tak perlu khawatir untuk mengonsumsi gorengan. Asal, pengolahan dan konsumsinya dengan cara yang tepat.

Nah, berikut ini 3 tips makan gorengan yang sehat untuk jantung dan aman dari kolesterol ala dr Vito.


1.    Gunakan Minyak Terbaik Untuk Menggoreng
Untuk menghasilkan gorengan yang sehat gunakan minyak goreng yang baik. Misalnya Canola oil, olive oil dan sesame oil. Minyak ini tergolong bagus karena tidak memicu penumpukan kolesterol jahat. Karena itu sangat disaranakn untuk menggoreng.


Hanya saja, meskipun minyak terbaik tetap saja tidak boleh dipakai berulang kali. Sebaiknya memang minyak goreng hanya boleh dipakai lebih dari sekali. Selain itu teknik menggoreng ala deep fried/alias menggoreng kering dengan panas minyak yang maksimal akan sangat berguna menghasilkan gorengan yang sehat.


2.    Perhatikan Jumlah Konsumsinya, jangan Berlebihan
Apapun yang berlebihan memang tak baik jadinya. Ya, membatasi porsi konsumsi gorengan menjadi langkah kedua untuk tips agar makan gorengan tetap aman untuk kolesterol dan jantung.

Soalnya, meskipun minyak terbaik, tetap saja mengandung kalori. Sehingga mengonsumsi gorengan sehat secara belebihan tetap berisiko terhadap peningkatan kalori, lemak, dan kolesterol. Jadi, jangan banayk-banyak.



3.    Imbangi Dengan Konsumsi Sayuran

Karena gorengan terbaik tetap berpotensi mengakibatkan penumpukan kolesterol, maka sebaiknya imbangi konsumsi gorengan dengan sayuran.

Misalnya makan goreng tahu atau tempe dan bakwan dengan gado-gado, atau segera makan buah yang banyak setelah makan gorengan. Anda bisa memilih sayuran, buah, serelia, smoothies yang sangat berguna untuk menghambat peneyerapan kolesterol jahat.

Dengan menerapkan 3 tips makan gorengan yang sehat untuk jantung ini semoga saja Anda bisa nyaman mengonsumsi makanan kesukaan Anda. Selamat mencoba.