5 Tips Belajar Untuk Menempuh Ujian Yang Perlu Kamu Tahu


1. Ciptakan suasana yang kondusif

Dalam belajar, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman serta tenang untuk belajar.
Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga tidak mengganggu konsentrasi.

Belajar di luar ruangan mungkin adalah salah sattu pilihan yang cukup baik yang anda bisa lakukan, karena selain lebih segar, kita juga dapat lebih tenang dan tidak cepat penat dalam belajar.

2. Lihat garis besarnya terlebih dahulu

cara belajar yang baik dengan melihat garis besar  dari materi  yang anda pelajari.
Nah selanjutnya Jika kamu membaca bahan pelajaran atau materi yang baru, kamu jangan langsung memasukkan diri kedalamnya.

Kamu bisa lebih mudah meningkatkan pemahaman kamu bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada.

Jika kamu membaca materi yang banyak dan panjang sebaiknya bacalah lebih dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya yang ada dalam materi tersebut.

3. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran
Tips cara belajar dengan teknik meringkas intisari dari pelajaran. Jika kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran kamu ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran atau materi tersebut .

Pada saat kamu menulisnya, kamu pasti membaca materinya lagi. Itu akan membuatmu cepat dalam menghafal materi.

Sebaiknya catatan kecil tersebut kamu  tulis ke dalam buku kecil atau kertas yang bisa kamu bawah  kemana-mana, sehingga kamu  dapat membacanya kapan dan dimanapun kamu berada saat itu

4. Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat

Supaya lebih  memudahkan anda untuk mengingat  suatu materi atau pelajaran sebaiknya materi yang akan kamu hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat.

Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu.

Meskipun kamu dapat menghafal pelajaran atau materi langsung dalam 1 minggu besar kemungkinan sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu dapat mengingat lebih lama.

5. Belajarlah dengan tekun dan rutin.
Tips cara belajar yang baik dan paling ampuh adalah dengan tekun dan rutin. Belajar  dengan tepat waktu dan serius itu juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar anda, apabila kamu jarang belajar maupun  hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya tidak dapat meningkat. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar.