Malas Belajar...??? Ini Dia Solusinya Belajar yang Baik Yang Perlu Kamu Coba

Kata belajar pasti tidak asing lagi bagi kita, dari mulai tingkat play group, TK, SD, SMP, SMA,  sampai di tingkat Perguruan Tinggi.

Semua pengajar yang mengajar kita dari jenjang pendidikan tersebut pasti sering menasihati  kita untuk belajar tidak hanya guru-guru kita tetapi orang tua pasti senang jika melihat anaknya rajin belajar.

Dengan rajin belajar kita dapat menjadi orang yang sukses dalam hidup, belajar tidak hanya di sekolah saja tetapi dimana saja.

Menjadi orang yang pintar itu bukan semata-mata karena kita terlahir jenius, akan tetapi karena
kita mempunyai kemampuan serta usaha yang keras dalam belajar.

Begitu pula sebaliknya tidak ada manusia terlahir bodoh didunia ini, semua manusia dilahirkan dengan kemampuan yang sama tetapi bagaimana caranya untuk memanfaatkan kemampuan tersebut yang berbeda.


1. Berdo’a
Awalilah sesuatu yang baik dengan cara yang baik, cara terbaik untuk memulai adalah berdo’a. karena, semua takdir hidup kita hanya Tuhan yang maha mengetahui kita dapat berusaha sekuat apapun untuk merubah hidup kita tetapi tetap Tuhan yang akan menentukan segalanya.


2. Mencatat
Segala sesuatu yang telah kita baca hendaknya dicatat, karena setidaknya dalam 1 kali belajar sudah ada 3 organ tubuh kita yang ikut belajar.

Yaitu mata yang digunakan untuk melihat, mulut untuk membaca serta tangan untuk menulis, dengan begitu materi yang kita pelajari akan cepat masuk kedalam otak dan kecil kemungkinan untuk lupa.


3. Mengulang kembali dan berlatih
Setiap kita belajar, misalnya disekolah yang telah kita pelajari pasti setelah dirumah sudah lupa lagi. Agar tidak lupa ada baiknya kita mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan tadi di sekolah, sehingga pada saat ujian, kita tidak perlu belajar SKS(sistem kebut semalam) tetapi kita sudah mencicilnya setiap hari.

Kemudian jika pelajaran tersebut memerlukan hitungan, tidak mungkin kita hanya mengandalkan hafalan rumus dan cara mengerjakan tetapi kita juga harus banyak berlatih dengan soal-soal, sehingga ketika ujian kita sudah biasa mengerjakan soal tersebut meskipun tidak sama persis dengan latihan yang telah kita lakukan.


4. Ciptakan suasana belajar yang asik

Misalkan kita tipe orang yang apabila belajar harus dengan mendengarkan musik, jadi usahakan belajar sambil mendengarkan musik.

Tetapi, jika kita tipe orang yang harus belajar dengan tenang maka carilah tempat yang tenang untuk belajar seperti perpustakaan.


5. Bertanya kepada guru atau teman sekelas
Biasakan pada diri kita jika tidak mengerti tentang apa yang kita pelajari, maka bertanya kepada yang lebih ahli boleh guru ataupun teman kita.

Carilah tempat bertanya yang kira-kira dia penjelasannya lebih mudah untuk kita mengerti.


6. Atur waktu belajar agar teratur

Mungkin jika kita terbiasa belajar pukul 7 malam tidak apa-apa tetapi usahakanlah belajar dengan waktu yang teratur.


7. Konsentrasi terhadap hal yang dipelajari

Konsentrasi penuh sangat dibutuhkan dalam belajar, konsentrasi adalah dimana kita memfokuskan perhatian kita terhadap apa yang kita kerjakan.

Karena apabila kita belajar tetapi tidak konsentrasi misalnya dengan pikiran kita yang berjalan-jalan maka tentu materi yang kita pelajari tidak akan masuk ke otak dan kita akan sulit dalam memahaminya.