Hal yang bisa meredam konflik yang terjadi antar umat beragama

Di dunia ini bahkan di Indonesia sendiri mempunyai banyak suku, ras, dan agama. Negara di didirikan bukan hanya untuk satu umat beragama, karena di penegakan negara di bantu oleh semua agama bahkan di dalam agama masing-masing menyuruh untuk saling menghargai antar umat beragama yang berbeda, maka kerukunan antar umat beragama itu sangat penting


Tidak ada agama yang menyuruh agar menghabisi umat agama lain, tetapi baru-baru ini banyak terjadi kejadian yang mendiskriminasi antar umat beragama.

Di Indonesia sendiri ternyata banyak sekali masalah-masalah yang timbul karena perbedaan agama, perbedaan keyakinan, suku, dan ras jadi di butuhkan yang namanya toleransi beragama

Padahal apabila kita melihat sejarah Kemerdekaan Indonesia, semua golongan apapaun yang ada di Indonesia bersatu, tidak ada perbedaan di antara mereka, tidak ada yang namanya diskriminasi.

Karena yang harus kita ketahui adalah apabila kita mempunyai banyak keanekaragaman manusia, kita akan menjadi luar biasa, akan menjadi raja dunia, dan tak terkalahkan.

Semua orang bisa berjuang, kita Indonesia dan kita harus bersatu. Hal yang bisa meredam semua dan menyatukan kembali bisa kita lakukan demi mengembalikan Indonesia dan Dunia seperti sedia kala.
Hal yang bisa di lakukan untuk meredam konflik dan tercipta kerukunan umat beragama :

1.    Mengadakan kegiatan yang mengikat seluruh umat beragama apapun
 
Dengan mengadakan kegiatan bersama yang mempunyai timbal balik yang bagus serta tidak ada yang namanya perbedaan maupun diskriminasi, pastilah akan menyatukan semua elemen yang ada bagi umat beragama apapun.

2.    Berteman dengan siapapun tanpa ada diskriminasi
 
Berawal dari kecil hingga dewasa nanti, hal ini harus diterapkan di semua aspek kehidupan karena solidaritas dan pertemanan itu sangat penting untuk mengikat dan meredam terjadinya konflik antar umat beragama.

3.    Tanamkan ‘agamaku punyaku, agamamu punyamu’
 
Hal ini harus diterapkan agar tidak ada keributan lagi. Karena saat hal ini ditanamkan sejak kecil, tidak akan muncul lagi kesalah fahaman antar umat beragama.

Penjelasan lanjutan mengenai hal ini maksudnya ‘agamaku hanya punyaku jadi kamu tidak perlu memikirkan dan memberikan saran terhadap agamaku, begitu juga dengan agamanya jadi saya tidak perlu mengkritik dan menyalahkan agamanya’.

Dengan menyukseskan hal ini, dijamin tidak akan ada konflik antar umat beragama lagi.

Konflik biasanya terjadi karena kesalah fahaman dan saling mengkritik tajam yang membuat sakit hati antar umat beragama. Jadi setelah kamu memahami hal di atas, kamu harus segera menerapkan dalam kehidupanmu.