Agar Tidak Menakutkan dan Membosankan Belajar Matematika, Ini dia tips dan triknya

Trik dan tips belajar matematika yg efektif dan menyenangkan.
pertanyaan yang mucul di pikiran anda,
Kenapa harus pelajaran matematika?

Gambar : Pixabay,com

Selama ini matematika menjadi mata pelajaran yang menakutkan, membosankan dan tidak menyenangkan di kalangan siswa mulai tingkat SD sampai dengan SMA.

Untuk itu banyak cara yang digunakan bertujuan ingin mengubah pola pikir anak bahwa matematika bukanlah hal yang menakutkan bahkan kalau kita mau mengenal lebih jauh dengan matematika kita akan lebih mencintainya, seperti kata pepatah " tak kenal maka tak sayang" jadi langkah awal yang harus kita lakukan adalah berusaha untuk mengenalnya lebih jauh akan semakin mempererat kita dengan matematika.

Inilah trik dan tips belajar matematika yang lebih efektif dan menyenangkan

1. Tanamkan Niat untuk Mempelajari Matematika
Hal yang paling mendasar untuk belajar matematika adalah tumbuhnya niat yang muncul dari dalam diri kita sendiri.

Niat belajar matematika akan tumbuh dengan sendirinya dan akan menjadi kemauan. Pepatah mengatakan jika ada kemauan pasti ada jalan.

Demikian juga halnya dalam belajar matematika. Jika kemauan untuk belajar telah kita dapatkan maka belajar matematika akan lebih mudah untuk dijalani.



2. Menguasai Rumus-Rumus Dasar Matematika
Untuk menguasai rumus-rumus dasar matematika, pertama yang harus kita kerjakan adalah menghafal.

Tetapi menghafal di sini sambil relaks dan enjoy, agar kita tidak merasa terbebani. Sebenarnya kita dapat menghafal rumus secara tidak langsung.

Caranya dengan membuat rumus dikertas karton kemudian ditempel pada dinding yang sering kita tatap, misalnya dikamar dekat tempat tidur, disamping cermin atau dimana saja yang kita suka.

Dengan begitu kita sering melihat dan membaca sehingga secara tidak langsung dengan sendirinya akan melekat di otak.



3. Memahami Langkah-Langkah Penyelesaian Soal
Setelah kita menghafal rumus, langkah berikutnya dengan memahami setiap langkah pada penyelesaian soal.

Ini sangat penting ketika guru menjelaskan di kelas, lakukan pasang mata pasang telinga dan otak. Pahami setiap jalan yang menuju ke jawaban atau hasil akhir.

Jika masih belum mantap dapat ditanyakan kembali kepada guru.
Kemudian ulangi lagi dengan belajar dirumah, mengulangi langkah demi langkah penyelesaian soal setiap hari.


4. Sering Berlatih
Sering-seringlah berlatih soal, dengan sering latihan soal maka rumus-rumus dapat diingat diluar kepala, dan langkah-langkah penyelesaian soal akan semakin mantap.

Berlatihlah dengan soal yang sederhana terlebih dahulu, jika berhasil beralih ke soal dengan tingkatan yang lebih rumit sampai pemecahan masalah.

Jika telah menguasai matematika ini, maka kita akan kecanduan untuk mencoba dan tidak putus asa dalam mengerjakan beragam soal.

5. Saling berbagi ilmu
Berbagi ilmu yang sudah kita dapatkan merupakan salah satu cara yang  jitu untuk mengefektifkan belajar matematika.

Karena Ilmu yang kita dapatkan tidak akan berkurang tetapi akan semakin bertambah karena kita seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang di miliki.