7 Cara Belajar Yang Efektif Dan Menyenangkan Yang Perlu Anda Ketahui

Hai Sahabat BOCAH17 Kali saya akan membahas tentang : 7 Cara Belajar Yang Menyenangkan. Lansung saja Jika kita tidak menjadikan membaca sebagai kebutuhan, jika kita tidak ingin dan tidak mau mencapai sesuatu yang lebih baik dari kehidupan kita sekarang, maka keharusan membaca/belajar sama dengan nol besar.  berikut tips belajar  cara belajar yang efektif dan menyenangkan yang bisa anda coba


1. Cari Sisi yang menarik
Setiap pelajaran pasti mempunyai sisi yg menarik untuk siswa. Letaknya bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Mulailah belajar dari bagian yang kita anggap paling menarik.

Karena langkah awal sangatlah menentukan hasilnya. Buatlah kesan pertama yang menyenangkan dalam belajar, maka selanjutnya akan lebih mudah.

2. Menghubungkan dengan Hobi
Setiap orang pasti memiliki hobi. Aktivitas yang membuat senang bahkan kita menganggap sebagai bentuk hiburan. Kuncinya adalah cara kita membuat hobi sebagai sarana belajar.


Kita dapat membiasakan untuk menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, membaca majalah berbahasa inggris, diskusi online di forum yang ada di sosial media kita, jalan-jalan sambil

memperhatikan tingkah manusia dan menghubungkannya dengan teori-teori psikologi atau sosiologi, atau mata pelajaran lain yang dapat kita temukan. Jadikan hal-hal tersebut menjadi hiburan yang mendidik atau pendidikan yang menghibur.
 
Cita-cita itu seperti tempat pengisian bahan bakar. Dia akan mengisi tangki motivasi ketika kita mulai lelah dan tidak bersemangat. Kekuatan cita-cita juga akan membuat kita akan berusaha memenuhi segala syarat untuk dapat menggapainya.

Kita pasti akan lebih bersemangat belajar matematika dan ekonomi ketika kita telah memantapkan hati untuk menjadi ekonom atau ahli matematika. Ketika kita akan melakukannya, hati kita akan mensugesti kita untuk mempelajari suatu mata pelajaran.

4. Berusaha Mencari Sumber Lain
Belajar dengan sumber yang sudah ditentukan biasanya akan menimbulkan kebosanan. Karena selera itu tidak dapat diseragamkan.


Untuk itu, sebagai subyek belajar kita harus mandiri, mencari sumber lain sendiri. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita dapat menemukan banyak sumber belajar dan materi lengkap menggunakan internet. Biasanya kita juga dapat menemukan hal-hal baru yang belum ada atau dituliskan di buku cetak.

5. Indentifikasi Panutan
Panutan memiliki fungsi yang hampir sama dengan cita-cita. Tapi ia berorientasi lebih ke orang lain. Sehingga karakteristik yang ingin dicapai dapat lebih jelas.

Tidak harus meniru 100%, karena yang kita jadikan model atau tiru pasti mempunyai kekurangan. Identifikasi kelebihan-kelebihan yang ada pada orang yang kita jadikan model atau tiru dan cara orang tersebut dapat mencapainya.
Panutan tersebut akan membuat cita-cita kita menjadi lebih jelas dan konkret.

6. Cari Tempat atau Suasana Belajar yang Berbeda
Lingkungan pasti akan mempengaruhi individu. Yakinkan diri kita bahwa lingkungan sudah membangun atau setidaknya tidak menghambat aktvitas belajar kita.

Coba pindahkan tempat belajar jika ada hal yang berlawanan terjadi. Carilah suasana baru seperti taman hijau yang sudah jarang kita kunjungi atau tempat nongkrong anak muda yang baru buka. Membaca buku atau berselancar internet.

Tempat dan suasana baru seperti sebuah baterai baru bagi mobil mainan yang membuatnya dapat berlari lebih kencang.

7. Just Do It
Hal paling parah adalah ketika kita selalu menunda-nunda belajar dengan alasan bosan. Berhenti sejenak tidak jadi masalah, tetapi jangan sampai membuat kits malas memulai lagi.

Pada kenyataannya hal yang menyenangkan terkadang tidak ada di depan, tetapi berada di tengah. Lakukan saja, maka kita akan menemukan betapa menyenangkan hal yang telah kita pelajari.

Ketika kita ingin belajar berarti kita orang yang ingin maju. Jangan sia-siakan waktu kita untuk bersantai hanya karena rasa bosan yang tertanam di benak kita tentang belajar.

Makna belajar yang sempit jika belajar itu haruslah di sekolah. Bahkan, waktu libur untuk siswa adalah waktu yang tepat untuk belajar.

Belajar hal-hal yang di sekolah tidak dipelajari. Kita dapat memilih atau membuat aktivitas belajar kita sendiri contohnya belajar Menulis, Memasak, Membuat Mainan Anak-Anak, Menggambar, Membaca Quran, atau Sekadar Menambah Wawasan