Trik Agar Peserta Didik Menjadi Nyaman Saat Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar

Trik Agar Peserta Didik Menjadi Nyaman Saat Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar



Kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun dimana saja haruslah bisa membuat nyaman peserta didik.

Apabila kamu ingin menjadi seorang guru yang hebat dan mampu mengajarkan secara baik kepada peserta didik haruslah mengajarkan secara sabar dan mampu diserap oleh peserta didik,

berbeda dengan guru yang hanya menggugurkan kewajiban sebagai seorang guru dan kurang peduli siswanya terbebani dan mampu tidak dengan kegiatan belajar mengajar yang kamu diberikan.

Yang harus kamu ketahui yaitu bahwa setiap siswa mempunyai cara dan kapasitas memori yang berbeda-beda, seperti ada siswa yang sekali diterangkan langsung faham, ada siswa yang di terangkan berkali-kali tetapi tidak bisa masuk ke otaknya.

Jadi setidaknya kamu harus memahami peserta didik dan tidak memaksakan kapasitasnya. Dibawah ini terdapat trik agar peserta didik bisa memahami hal yang kamu inginkan.

Trik Yang Bisa Kamu Terapkan Dengan Mudah :

Ini bisa membuat peserta didik menjadi tidak merasa takut dengan dirimu, tetapi tetap menghormati kamu.

Buatlah pribadi lucu tetapi tidak membuat diri kamu menjadi di sepelekan, sesekali kamu memberikan guyonan agar siswa tidak terlalu stress apalagi dengan pemberlakuan full day school yang pulang hingga sore hari.

2.    Buatlah kontrak belajar yang tidak memaksa

Kontrak belajar bisa kamu buat saat pertama kali melakukan proses belajar mengajar bersama siswa agar siswa bisa menerima.

Janganlah buat kontrak belajar yang memaksa seperti siswa tidak boleh melihat keluar ruangan, padahal sebenarnya dengan melihat keluar ruangan siswa menjadi tidak stress dan memulihkan semangatnya.

Kemudian kamu bisa memberikan siswa untuk mengungkapkan yang diinginkan untuk kontrak belajar tetapi masih bersifat kondusif.

3.    Selingi pelajaran dengan kuis yang gembira tetapi mudah diingat siswa

Setiap siswa berbeda-beda, mungkin dengan dilakukan kuis siswa akan menjadi mudah mengingat pelajaran.

Terlebih lagi sekarang siswa lebih mudah menghafal dengan suasana senang dan gembira apalagi sampai ketawa. Jadi tak ada salahnya kamu menerapkan tips ini di kegiatan belajar mengajar.

baca juga : lebih baik memilih jurusan mipa ips.atau bahasa?

Jangan lupa, sebagai guru adalah mengajar murid agar menjadi tahu bukan untuk memaksa mereka. Jadi kamu harus sabar dan menerima kenyataan, serta berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada peserta didik.