Tips Merawat Komputer Agar Tetap Awet Hingga Bertahun-Tahun

Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet dan nyaman kita  gunkanHingga Bertahun-Tahun lamanya sangat penting karena komputer/pc atau laptop merupakan alat yang sangat membantu manusia untuk mengerjakan pekerjaan baik pekerjaan ringan maupun berat.


Tetapi banyak  diantara kita pengguna yang mengeluh kenapa komputer sering mengalami gangguan dan error atau blank setelah dipakai terus menerus padahal belinya satu tahun yang lalu.

Kebanyakan masyarakat menggunakan komputer secara maksimal tanpa henti, kemudian akan selalu menyalahkan produsen komputer tersebut apabila komputer rusak dan sering menganggap bahwa komputer tersebut adalah produk gagal.

Bisa dilihat bahwa kebanyakan masyarakat tidak sadar bahwa komputer yang cepat rusak itu bukanlah produk gagal tetapi penggunaan komputer yang salah dan tidak sesuai dengan karakter komputernya.

Contohnya kamu membeli komputer dengan spesifikasi khusus pekerjaan rumah, tetapi kamu menggunakannya untuk kebutuhan gaming pastilah komputer tidak akan kuat dan performa menjadi menurun karena dipaksa untuk mengoptimalkan hardwarenya.


Agar komputermu masih tetap awet meskipun digunakan selama bertahun-tahun, kamu bisa mempraktekkan tips / cara merawat komputer agar tidak mudah rusak di bawah ini

1.    Bersihkan CPU Komputer


Kamu bisa membersihkan CPU beserta bagian yang ada di dalamnya menggunakan tisu atau alat pembersih debu lainnya. Dengan membersihkan CPU, komputer akan merasa lebih cepat dan pastinya hardware akan tetap awet dan bisa menjalankan fungsi sesuai program yang sudah di atur sebelumnya.

2.    Shutdown Komputer setiap 6 jam

Kamu harus menshutdown komputermu setiap 6 jam, kemudian biarkanlah selama 10 menit hingga komputer tidak panas lagi, kemudian aktifkan kembali. Cara seperti itu terbukti tetap menjaga komputer hingga bertahun-tahun karena apabila sering dilakukan, hardware di dalam CPU tidak akan over pemakaian.

3.    Gunakan pendingin CPU yang bagus

Jangan lupa untuk memasang pendingin CPU karena apabila kamu tidak memasangnya, CPU akan panas dan komputer akan sering hang kemudian bisa menyebabkan kerusakan hardwarenya.

4.    Sisakan ruang harddisk internal

Kamu bisa melakukan ini dengan cara menghapus file yang tidak penting, karena apabila harddisk internal penuh, biasanya komputer sering mengalami error dan bluescreen.

Dengan merawal komputer pastilah komputer akan awet hingga bertahun-tahun.

Yang terpenting kita harus mengetahui spesifikasinya agar kita bisa menggunakannya sesuai kemampuan komputer.