Merubah Uang Kas Menjadi Sumber Amal Ibadah Besar

Merubah Uang Kas Menjadi Sumber Amal Ibadah Besar



Di dalam kehidupan berorganisasi pasti tidak akan jauh dari kata ‘uang kas’, yaitu uang yang di dapatkan dari iuran rutin setiap anggota organisasi. Biasanya uang kas merupakan hasil dari rapat pertama organisasi untuk menghidupkan anggota organisasi agar bisa berhemat dan berlatih menyisihkan uang untuk keperluan bersama.

Apakah kamu tahu bahwa uang kas bisa menjadi salah satu sumber amal ibadah? Bagi kamu yang percaya dengan Tuhan atau kamu seorang Muslim pastilah pernah dengar bahwa menyantuni golongan orang kurang mampu atau fakir miskin bisa mendapatkan banyak pahala. Nah sudah terbayangkan, banyaknya amal yang di dapatkan di saat uang kas digunakan dengan baik.

Setidaknya kamu bisa berlatih untuk menyisihkan uang untuk kepentingan bersama, karena di saat nanti kamu sudah berkecimpung di dunia kerja maupun dunia kekeluargaan pasti tidak akan luput dari kata berbagi, entah suami dengan istri, entah dengan tetangga maupun dengan yang lainnya. Jadi kamu bisa mendapatkan amal sekaligus berlatih menjadi seseorang yang dewasa.

Banyak cara untuk merubah uang kas menjadi sumber amal yaitu :
1.    Mengadakan kegiatan bakti sosial
Dengan menyisihkan uang kas untuk membuka kegiatan amal ini kamu bisa mengajak juga masyarakat untuk mau berbagi. Nah apabila kita mengadakannya pasti kita akan mendapatkan amal kebaikan karena sudah mengajak orang lain untuk berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu dan fakir miskin.

2.    Membantu anggota yang terkena musibah
Dengan membantu saudara (satu organisasi) disamping mempererat jalinan antar anggota, ternyata juga akan mendapatkan amal karena sudah membantu yang sedang kesusahan, terlebih lagi bagi umat Muslim yang diwajibkan saling tolong menolong.

3.    Membantu pembangunan kegiatan masyarakat
Saat kita membantu kegiatan masyarakat, pasti masyarakat akan lebih mengenal dan menghormati organisasi ini. Di balik itu ternyata terdapat sumber amal karena saat kita membantu kegiatan masyarakat, seperti membantu kegiatan pembangunan masjid apabila seorang muslim akan mendapatkan pahala yang mengalir terus karena ada pernyataan bahwa amal yang tidak akan terputus saat sudah meninggal yaitu salah satunya membantu pembangunan yang digunakan orang untuk mencari pahala.

Bisa dilihat bahwa kas bukanlah hanya sebuah iuran rutin semata, ternyata kas bisa menjadi sumber dari amalan kita, tergantung dari pengelolaan kas itu sendiri. Semoga hal ketiga bisa di lakukan di organisasi yang kamu ikuti karena akan sangat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.