Lebih Baik Memilih Jurusan MIPA, IPS (ilmu pengetahuan Sosial) atau Bahasa?

Lebih Baik Memilih Jurusan MIPA, IPS  (ilmu pengetahuan Sosial) atau Bahasa?





Saat memasuki sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat pastinya kamu akan disuguhkan berbagai pilihan.

Terkadang akan membuat bingung memilih jurusan apa, meskipun begitu kebanyakan orang langsung memilih Mipa, contoh karena nantinya ingin kulyah fmipa ui atau salah satu fakultas di ui di banding ilmu sosial karena hanya sebagai pandangan saja.

Sebenarnya itu tidaklah benar, karena jurusan itulah yang akan menentukan nasib kamu untuk bisa masuk ke Universitas maupun melamar pekerjaan.

Semua jurusan itu sama, yang membuat beda adalah pandangan kamu sendiri. Misalnya kamu mempunyai bidang dalam geografi

tetapi karena hanya sebagai pandangan agar dilihat unggul oleh orang, kamu memilih jurusan mipa, kemudian saat sudah berlangsung pembelajaran kamu tidak bisa mengikuti secara maksimal yang menyebabkan kamu lulus dengan ilmu yang seadanya.

Apalagi kamu akan melamar pekerjaan atau mencari universitas, kamu tidak bisa menguasai jurusanmu pasti kamu akan merasa menyesal.

Berbeda apabila kamu memilih jurusanmu sesuai bidangmu, pasti kamu akan cepat sukses. Contohnya seperti kamu memilih jurusan bahasa, kemudian kamu bisa mengikuti pembelajaran secara maksimal pastilah kamu kedepannya

apabila di kembangkan akan menjadi seorang translator bahkan bisa diluar negeri dengan bayaran atau gaji yang besar.

Apabila kamu masih bingung, mungkin kamu bisa memantapkan jurusan setelah membaca tips di bawah ini.

1.    Jangan hiraukan orang lain


Pasti saat kamu ingin memilih jurusan, ada seseorang yang bilang “jangan pilih jurusan itu, susah mencari pekerjaan”, sebenarnya pernyataan itu tidaklah sepenuhnya benar karena mencari pekerjaan itu harus sesuai dengan bidang kamu, bayangkan saja apabila kamu mendapatkan pekerjaan yang tidak pas, kamu akan tidak nyaman dan malas untuk bekerja.

2.    Kenali kelebihanmu

Apabila kamu suka membuat puisi, suka menulis cerpen atau yang lainnya, saya sarankan memilih jurusan bahasa atau ips karena kedua jurusan itu akan lebih mengembangkan potensimu.

Dari kedua tips di atas, seharusnya kamu bisa lebih mudah untuk memilih jurusan. Meskipun sebenarnya banyak yang lebih spesifik, tetapi kedua hal itulah yang bisa kamu lakukan secara mudah dan cepat. Intinya kamu harus percaya dengan dirimu, jangan hiraukan perkataan yang membuat kamu menjadi bingung dan down.

Baca Juga : tips memilih sekolah yang bisa mengembangkan bakatmu


Nah itulah sekiranya mengenai : Lebih Baik Memilih Jurusan MIPA, IPS  (ilmu pengetahuan Sosial) atau Bahasa? Thanks bro atas kunjungannya,  Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share ke media sosial atau bisa juga dengan memberikan saran juga komentar pada kolom komentar di bawah artikel. Sekian dan terima kasih.