Hal Yang Dapat Membuat Gagal Tes Wawancara Sekolah

Sekarang ini sekolah sudah semakin maju, salah satunya seperti SMA dan SMK yang ada yang menggunakan tes wawancara untuk masuk kesana,
 seperti saat mau mendaftar menjadi mahasiswa di universitas.


Dengan adanya tes ini mungkin ada beberapa dari siswa yang ingin mendaftar atau mungkin kamu sendiri yang menganggap ini tidak seriusdan hanya sebagai formalitas.

Ternyata anggapan itu tidaklah benar, bisa jadi di sekolah tersebut mempunyai banyak pendaftar sehingga harus dibuatkan seleksi terlebih dahulu.

Banyak para siswa yang gagal mendaftar di SMA, SMK, atau Universitas karena tidak lolos tes wawancara.

Mengapa bisa tidak lolos?
Menurut saya karena dari pendaftar yang banyak sehingga kamu belum beruntung atau kamu tidak sukses tes wawancara, dan banyak yang lainnya.

Dibawah ini terdapat beberapa hal yang bisa membuat tes wawancara kamu menjadi gagal, tips wawancara kerja atau tes masuk sekolah yang bisa anda bisa aplikasikan

1.    Tidak sopan dengan pewawancara

Inilah hal utama yang bisa membuat kamu gagal tes wawancara dengan presentase gagal yaitu 89%. Pewawancara selalu mencatat sikap dan pribadi setiap calon siswa di sekolahan tersebut, apalagi sekolah yang kamu pilih merupakan sekolah yang favorit, akan lebih susah lagi.

2.    Tidak Pernah Bertanya

Biasanya calon siswa yang jarang bertanya akan dikesampingkan dulu oleh pewawancara karena sekolah mungkin tidak membutuhkan siswa yang diam saja dan terlihat seperti tidak percaya diri.

3.    Terlihat gugup saat diberi pertanyaan

Untuk yang ketiga ini biasanya tergantung pewawancaranya, apabila pewawancaranya memaklumi kamu bisa senang tetapi apabila pewawancara tidak mau tahu dan harus sesuai dengan kriterianya, kamu akan kesusahan untuk menarik hati si pewawancara tersebut.

4.    Terlihat tegas dan gembira

Walaupun ini jarang di perhatikan tetapi biasanya di sekolahan seperti SMK akan lebih diperhatikan. Karena SMK membutuhkan siswa yang siap bekerja dan menempuh segala sesuatu lebih berpengalaman. Tetapi tidak ada salahnya kamu berusaha tegas dan gembira agar si pewawancara menjadi yakin untuk memilih kamu.

ikuti juga : cara menumbuhkan minat baca

Sebenarnya masih banyak faktor lainnya, tetapi saya pilihkan yang utama dan sering membuat gagal calon siswa untuk masuk ke sekolah yang dipilih.

Mungkin dengan memahami hal diatas kamu akan lebih tahu lagi kiat-kiatnya.