HP Android Anda Mati Total, Ini Cara Mudah Memperbaikinya

 
Handphone menjadi kebutuhan untuk masyarakat saat ini. Tidak heran jika perangkat modernt ini pasti dimiliki semua orang.

Handphone mempunyai beragam kegunaan seperti memudahkan pekerjaan kita, memudahkan dalam mengakses berbagai macam informasi, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan keluarga, teman bahkan pacar melalui chatting, video call, dan lain sebagainya semua hal yang maya atau jauh terasa nyata dan dekat  menggunakan handphone.

Walaupun banyak kelebihannya, handphone juga mempunyai kekurangan atau masalah yang terkadang membuat kita jengkel seperti handphone terserang virus, tiba-tiba hang, ngelag, lemot, merestat terus menerus, sering mati tanpa sebab dan lain sebagainya. Walaupun begitu banyak kekurangannya namun tak mengurangi jumlah pengguna handphone pada zaman modern ini.

Handphone  mati total terdiri dari dua jenis yaitu istirahat/mati total dan bootloop, sedangkan istirahat sendiri terbagi menjadi 2 golongan yaitu soft brik dan hard brik.

Kali ini akan dipaparkan cara mengatasi hal-hal diatas, android mati total adalah salah satu masalah yang sering dialami dan membuat para pengguna handphone  merasa jengkel. Langsung saja kita simak bersama cara memperbaiki android mati total.

1. Cara memperbaiki handphone Android yang mengalami Bootloop

Pertama adalah matikan handphone Android ( dengan cara mencabut baterai selama 2 menit), kemudian pasang lagi dan nyalakan. Setelah itu masukkan menu Recovery Mode dengan cara menekan tombol power dan volume down. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua jenis hp sama. Jika sudah masuk, lalu melakukan wipe data atau  Factory Reset setelah itu lakukan Restart ponsel

2. Cara memperbaiki handphone yang mengalami Hard Brik

Pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan semua komponen ponsel seperti Micro SD, SIM card, baterai dan lain sebagainya. Setelah itu biarkan handphone dan tunggu beberapa menit kurang lebih 5 menit. Jika sudah 5 menit, kemudian pasang kembali semua komponen ponsel yang dilepas tadi. Setelah itu pilih dan masuk pada menu download mode.
    Terakhir kita melakukan proses flashing.

3. Cara memperbaiki handphone yang mengalami Soft Brik

Pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan handphone Android dengan PC menggunakan kabel data / usb. Setelah itu pilih dan  masuk ke menu download mode dengan cara menekan tombol “power dan volume down” dan tunggu hingga keluar logo android

Kemudian membuka aplikasi ODIN pada PC dan pastikan ponsel Android terdeteksi oleh aplikasi ODIN. Selanjutnya melakukan flashing dengan menggunakan software ODIN yang terdapat pada PC.

Peringatan untuk tidak menggunakan .PIT pada saat proses flashing dan tidak juga cheklist repartition.
Cara diatas adalah cara pada umumnya dan sering digunakan.  Akan tetapi, tidak semua handphone android masuk menu recovery mode menggunakan tombol power dan volume down, kita dapat  menyesuaikannya sendiri.