Handphone Android Bisa Awet dan Tahan Lama dengan Cara Ini

Kepopuleran Android saat ini, tak jarang membuat pengguna yang masih awam karena baru mengenal dan memakai Android, ada pula yang masih merasa kurang nyaman dalam menggunakan Android. Oleh karena itu, semakin mahir dan terbiasa menggunakan Android, beberapa tips menggunakan handphone Android adalah sebagai berikut.

1. Secara Otomatis mengupdate Aplikasi


Ketika kita memasang aplikasi Android dari Google Play merupakan hal yang wajib bagi kebanyakan pengguna Android. Setelah berbagai aplikasi tersebut terpasang pada Android, maka akan sering melakukan pembaharuan pada aplikasi tersebut.

Agar proses update bisa berjalan secara otomatis, kita dapat mengatur dengan cara membuka Google Play dan tap pada ikon preferences atau soft button Menu agar halaman Setting terbuka. Setelah itu, tap item Auto-update apps yang ada di halaman Settings yang berguna untuk mengaktifkan secara default update otomatis.

Kita dapat menggunakan pilihan update WiFi only jika layanan internet yang digunakan terbatas. Kemudian hilangkan tanda centang yang ada pada item Auto-add Widget agar setiap memasang aplikasi baru, ikon menu aplikasi tidak ditampilkan di homescreen.

2. Hotkey Keyboard
 
Pemasangan keyboard tambahan seperti SwiftKey. Namun, jika kita menyukai berkutat dengan dunia hacking, sebaiknya menggunakan keyboard dengan tombol yang memiliki karakter khusus yaitu Hackers Keyboard. Untuk mengganti jenis keyboard dengan cepat, lakukan tap dan tahan tombol Spacebar selama beberapa saat sampai muncul jendela yang berisi opsi keyboard lainnya yang data digunakan.

Kita juga dapat menampilkan tombol berkarakter khusus seperti @ % + / serta karakter lainnya dengan cara sekali tap. Tap dan tahan tombol  tanda (.) pada keyboard virtual sampai tampilan dengan daftar karakter khusus ditampilkan. Pengguna dapat langsung mengetik dengan pilihan karakter yang akan ditampilkan di bagian edit.

3. Sinkronisasi pada Chrome
 
Terlebih dahulu pengguna android yang menggunakan google chrome harus mengaktifkan sinkronisasinya. Caranya dengan menambah akun Google pengguna sebagai akun sinkronisasi browser Google Chrome. Jika kita menggunakan di PC atau laptop desktop, kita dapat mengaktifkan sinkronisasi di menu Settings lalu pilih Sign in to Chrome.

Hal ini bertujuan untuk mensikronisasi secara otomatis setiap bookmark, history, serta password yang tersimpan di Chrome. Dengan begitu, Setiap membookmark sebuah situs di PC desktop melalui Chrome maka akan muncul juga secara otomatis pada Chrome Android.

4. Sinkronisasi Folder dengan DropBox
 
Jika kita terbiasa menggunakan dropbox di PC desktop, kita juga dapat melakukannya di Android. Namun, peran DropBox pada Android hanyalah menjadi sebuah client yang dapat mengakses apapun dalam penyimpanan cloud.

Kita dapat memasang aplikasi tambahan bernama DropSpace jika ingin satu atau beberapa folder dalam Android bisa disinkronisasikan ke dalam DropBox. Pastikan pengguna telah memasang aplikasi DropBox di Android agar dapat menggunakan aplikasi DropSpace.

Bila sudah terpasang baik aplikasi DropBox maupun DropSpace, maka langkah awalnya ialah memberi ijin pada DropSpace untuk bisa mengakses DropBox Anda. Apabila berhasil, maka akan muncul tampilan utama dimana kita dapat menambahkan folder yang bisa langsung disinkronisasikan dengan DropBox.

Tap tombol Manage Sync List lalu tap item Directory. Setelah itu, tampilkan nama dari folder yang akan disinkronisasi. Cara menambahkan folder tersebut ialah dengan men-tap dan menahan item folder beberapa saat, kemudian pilih Add this directory to sync list.

 Kemudian memilih folder yang akan dijadikan sebagai tempat sinkronisasi di DropBox. Caranya tap dan tahan sejenak nama folder DropBox yangdi pilih maka akan diarahkan kembali ke daftar folder.
Selanjutnya, masuk ke menu utama DropSpace dan tap tombol Sync Now untuk melakukan sinkronisasi antara folder local yang ada di Android pengguna dengan DropBox.

Cara lain yang dapat  disinkronisasi secara otomatis dengan cara mengaktifkan DropSpace sebagai service. Caranya, dengan mencentang item Run as Service dan menentukan interval waktu sesuai keinginan dalam satuan jam. Selanjutnya mengaktifkan Sync only on WiFi untuk melakukan sinkronisasi hanya melalui jaringan WiFi jika layanan internet yang digunakan terbatas.