Cara Mengembalikan Performa Hp Android agar Tetap Ringan

Spesifikasi tinggi yang dimiliki Handphone Android menjadi sebuah keharusan mutlak. Oleh karena itu, beragam aplikasi Android terbaru memang membutuhkan kapasitas yang tinggi untuk menunjang fitur yang tersedia. Handphone Android dengan kapasitas RAM 1 GB sebenarnya masih bisa berjalan dengan lancar jika pengguna dapat memakainya dengan benar. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan


1.    Melakukan root handphone android


Dengan melakukan root Android,  kita akan mempunyai akses tak terbatas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak segala hal yang terdapat dalam sistem Android di handphone yang kita miliki.


2. Ganti Launcher asli Handphone Android


Launcher asli handphone Android seperti TouchWiz UI dari Samsung atau ZenUI dari ASUS mempunyai banyak fitur. Akan tetapi, launcher asli Handphone Android ini biasanya akan memenuhi RAM. Agar tidak berat, ada baiknya jika kita mengganti dengan launcher yang lebih ringan. Sebagai contoh Zero Launcher. Apabila menggunakan launcher yang lebih kecil dan ringan, RAM dan memori internal tidak akan penuh. Meskipun ringan, Zero launcher juga memiliki banyak fitur yang tidak kalah dengan launcher asli Android.


3. Buang Semua Aplikasi  "Bloatware" yang tidak diperlukan


Di Handphone Android  pasti terdapat banyak aplikasi asli yang ter-install sejak pertama kali membeli HP Android tersebut. Berbagai aplikasi tersebut biasanya tidak bisa dihapus atau di-uninstall. Bahkan ada juga yang tidak bisa di-disable. Akibatnya memori internal handphone Android mempunyai kapasitas yang semakin penuh, aplikasi asli ini juga seringkali menguras RAM karena berjalan tanpa kita ketahui. Kita dapat menggunakan aplikasi System App Remover untuk menghapus berbagai aplikasi asli di handphone android.


4. Menambah RAM handphone android dengan Aplikasi Greenify

Penggunaan aplikasi Greenify, akan menjadikan RAM HP Android lebih ringan. Sehingga tetap dapat melakukan berbagai aktivitas di Handphone Android dengan lancar.



5. Menggunakan Handphone Android sesuai keperluan

Dengan kapasitas RAM yang terbatas, artinya kita tidak dapat melakukan terlalu banyak aktivitas di Handphone Android  (multi-tasking) dalam satu waktu dan membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.